UNPK Paket C Tahun 2013/2014 UNPK Paket C Tahun 2013/2014

Minggu, 09 Maret 2014

UNPK Paket C Tahun 2013/2014

Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C Tahun 2013/2014 di Kota Pekanbaru lebih kurang berjumlah 870 Orang yang tersebar di berbagai Kelompok Belajar, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Pondok Pesantren, harapan kepada peserta agar mempersiapkan diri lebih matang, jangan hanya mengaharapkan hasil belajar yang ada di Kelompok Belajar, SKB, PKBM dan Pondok Pesantren, perlu menambah pengetahuan dari sumber lain seperti membeli buku-buku yang berkaitan dengan materi Ujian Nasional/Materi Pelajaran, Internet dsbnya. Karena Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan yang dilaksanakan bersifat Nasional, artinya disamping mengukur kemampuan siswa mengusai materi pembelajaran yang dialkukan di Kelompok Belajar, SKB dan PKBM, juga menentukan kelulusan. Dengan persiapan yang maksimal, diharapkan akan lulus 100 % dan memperoleh Ijazah.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya Ilmu juga berharap kepada peserta yang telah terdaftar dalam Nominasi Tetap (DNT) sebanyak 23 Orang, juga mengharapkan agar mempersiapkan diri dengan maksimal, agar harapan Kelulusan 100 % dapat dicapai. Demikian harapan disampaikan oleh pengelola PKBM Cahaya Ilmu saat memantau Try Out II yang dilaksanakan di PKBM Cahaya Ilmu.

Dalam Kesempatan itu juga pihak pengelola menyampaikan bahwa, "tidak tertutup kemungkinan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) akan dilaksanakan secara Online seperti yang direncakan disekolah formal bahwa “Tahun depan Ujian Nasional (UN) 2015 akan dilaksanakan secara online. Tidak ada lagi naskah kertas, karena siswa akan mengerjakan soal di depan komputer. Hal tersebut dikatakan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan Musliar Kasim. Menurutnya, UN akan diterapkan dengan computer based test.

Musliar mengungkapkan, pemerintah akan menunjuk satu sekolah sebagai pusat tempat ujian. Tidak hanya di provinsi, namun ada yang di kecamatan. “UN akan online dan offline. Soalnya akan dibuat lebih canggih tanpa perlu ada kertas-kertas yang dicetak,” katanya di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Senin 3 Maret 2014.Mantan Rektor Universitas Andalas ini menjelaskan, saat ini Kemendikbud sedang membuat system trial and error. Kemendikbud akan mencoba beberapa tes untuk mengetahui kemungkinan kegagalan.

Mengenai infrastruktur komputer, dia menjelaskan, tidak akan ada masalah karena setiap sekolah negeri sudah mempunyai komputer sendiri. Kemungkinan di satu provinsi akan ditunjuk 10-30 sekolah sebagai pusat tempat ujian.

Dia menyebutkan, belum dapat dipastikan apakah hasil UN dapat diketahui setelah selesai ujian. Namun tanggal tes akan dibuat berbeda per masing-masing sekolah.
Demikian semoga bermanfaat...

Ditulis Oleh : Pengelola ~ Pendidikan Kesetaraan, Pendidikan Karakter

Artikel UNPK Paket C Tahun 2013/2014 Semoga bermanfaat bagi sobat blog. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

Tidak ada komentar :